Kamis, 29 Oktober 2015

Apa Itu Bitcoin ? Berikut Penjelasanya

IGNIPLEX - Blogger Premium Template Simple and Clean

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin ? Berikut Penjelasanya



Bitcoin adalah sebuah uang elektronik / mata uang virtual yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer ke peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal. Departemen Keuangan Amerika Serikat biasa menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi

Bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang yang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Dan uniknya bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu, bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin ( addres wallet ). Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.

Kelebihan dan Kekurangan BitCoin

Kelebihan dari BitCoin sebagai alat pembayaran adalah sifatnya yang simple dan ringkas. BitCoin merupakan alat transaksi orang per orang dan hanya orang yang memegangnya yang bisa menggunakannya. Selain itu dalam menggunakannya pun, kita tidak perlu menyertakan informasi pribadinya seperti pada mata uang bank atau akun transaksi online lain. Hal ini tentunya memberikan keamanan informasi dari sang pemilik.

Yang menjadi kerugian dari pemakaian BitCoin adalah karena bentuknya yang hanya berupa file, memungkinkan BitCoin menjadi rusak/ hilang/ terhapus jika terjadi sesuatu dengan perangkat tempat kita menyimpan BitCoin tersebut. Dan kelemahan terbesarnya adalah karena BitCoin merupakan sebuah alat transaksi yang hadir karena ada kemauan dan kepercayaan dari para penggunaya. Hal ini memungkinkan suatu saat BitCoin bisa benar-benar tidak bernilai karena sudah tidak ada yang mau menggunakan mata uang tersebut.


Bitcoin bisa didapatkan secara geratis dan untuk menyimapn bitcoin tersebut kita harus memiliki Wallet Address atau bisa disebut juga sebagai dompet bitcoin.

Tags : apa itu bitcoin, apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya, apa itu bitcoin mining, apa itu bitcoin address, apa itu bitcoin indonesia, apa itu bitcoin wallet, apa itu bitcoins, apa itu bitcoin kaskus
,apa itu bitcoin, apa itu bitcoin core, apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya, apa itu bitcoin mining, apa itu bitcoin address, apa itu bitcoin indonesia, apa itu bitcoin wallet, apa itu bitcoin kaskus, apa itu bitcoin core, apa itu bitcoin adress, apa itu bitcoin dan bagaimana cara mendapatkannya, apa itu bitcoin address, apa itu bitcoin adress, apa itu atm bitcoin, apa itu bitcoin core, apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya, apa itu bitcoin dan bagaimana cara mendapatkannya, apa itu bitcoin indonesia, apa itu bitcoin kaskus, apa itu bitcoin mining, apa itu bitcoin wallet

IGNIPLEX - Blogger Premium Template Minimalis Dua Kolom

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya