Jumat, 24 Juni 2016

Presiden Jokowi Menandatangani Asia Gams 2018

IGNIPLEX - Blogger Premium Template Simple and Clean

Baca Juga

Instruksi Presiden (Inpres) Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang akan ditandatangani Presiden RI Joko Widodo pada pekan depan.

Presiden Jokowi Menandatangani Asia Gams 2018


Presiden Jokowi Menandatangani Asia Gams 2018

Demikian disampaikan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, usai melakukan rapat dengan Kemenpora, Direktur PPK GBK, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S. Dewa Broto, dan Ketua Umum KONI Tono Suratman, Rabu (6/1/2016).

Gatot mengatakan kalau Inpres harus segera diselesaikan karena perlu disosialisasikan kepada 18 kementerian terkait dan non kementerian (TNI, POLRI, dan BPKP).

"Inpres sebenarnya sudah selesai, hanya perlu finalisasi saja karena minggu depan akan ditandatangani Presiden," ucap Gatot.

Finalisasi yang dimaksud adalah diperlukannya lagi menggelar rapat dengan setiap kementerian atau lembaga yang terlibat langsung di Asian Games untuk mengetahui soal Inpres ini. Sehingga mereka bisa bersiap-siap, utamanya soal pengadaan anggaran.

Tapi, menurut Gatot, tidak spesifik 18 kementerian terkait dan non kementerian yang akan diundang, hanya beberapa saja atau yang punya potensi menganggarkan atau menyusun anggaran APBN. Khususnya anggaran untuk 2017 dan 2018.

"Jadi tidak ada cerita lagi enggak ada anggaran karena kami sudah sounding di awal. Jadi mereka harus sudah aware. Misalnya untuk keamanan dan sebagainya," ungkapnya.

Di samping soal Inpres, rencananya masterplan Asian Games akan dikirimkan kepada Satuan Tugas (Satgas) PU. Masterplan ini untuk dipelajari sekaligus sebagai panduan Satgas PU untuk membuat masterplan teknis.

Masterplan teknis yang fungsinya untuk merenovasi GBK. Seperti diketahui Kementerian PU dan Pera diberi tanggung jawab untuk pembangunan fisik renovasi GBK dan wisma atlet di kompleks Kemayoran.

"Jadi masterplan penyelenggaraan ini akan saya berikan ke Satgas PU. Meski mereka sudah punya tapi biar mereka ada gambaran. Jadi mereka punya gambaran persiapan Asian Games dengan 'the real Asian Games' itu apa. Berkali-kali saya ngomong sepakbola, perkiraaan penonton berapa, sampai semifinal sampai final, itu kan harus detail,” katanya.

Nantinya, di dalam masterplan teknis yang dibuat Satgas PU itu juga akan memunculkan nama-nama perwakilan dari KONI dan KOI.

"Makanya, tadi kami juga minta kepada KONI dan KOI agar mengirimkan surat ke Satgas PU, untuk bisa dimasukan perwakilannya untuk dilibatkan dalam renovasi venue-venue GBK. Karena yang tahu renovasi itu sudah sesuai dengan standar federasi internasional adalah mereka," pungkas Gato

Sumber : sport.detik.com
IGNIPLEX - Blogger Premium Template Minimalis Dua Kolom

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya